Pembinaan Anak-anak Salman ITB

Sekolah untuk anak-anak di Malaysia

Posted by awaludin on July 16, 2008

Bekerja atau sekolah di luar negeri kadang menjadi suatu impian. Meskipun ngga jauh-jauh banget, cuma di Malaysia gitu loh. Perjalanan ke Malaysia itu malah lebih cepat daripada perjalanan dari Jakarta ke Garut. Berada di suatu tempat yang baru, dengan suasana baru, meskipun belum tentu lebih baik, akan menambah wawasan kita dan menyadarkan kita bahwa: Indonesia itu negara yang indah dan pantas untuk dirindukan. Yang herannya, kenapa negara yang tidak lebih subur, koq bisa lebih makmur ya? Itu yang jadi tugas kita, selepas pulang nanti untuk bekerja memakmurkan Indonesia.

Oke, sekarang kita kembali ke masalah sekolah. Beberapa orang yang sekolah di luar negeri ada yang mau tidak mau harus membawa keluarga. Malah, anaknya juga harus disekolahkan di luar negeri. Peraturan setiap negara tentang sekolah tentu saja berbeda.

Saya membawa dua orang anak yang siap umur sekolah. Di Malaysia, sekolah ditentukan oleh umur terutama di sekolah milik pemerintah. Dihitung dari tahun lahir, bukan dari bulan lahir. Misalnya, anak saya lahir bulan Desember 2003 maka harus sekolah dengan tingkat yang sama dengan anak yang lahir bulan Januari 2003. Kalau mau sekolah dengan tingkatan berbeda, ya harus cari sekolah swasta yang tentu saja biayanya jauh lebih mahal.

Anak pertama saya saat datang sudah bisa masuk sekolah setingkat TK umur 5 tahun. Saat itu kami daftarkan ke sekolah milik pemerintah. Biayanya sangat murah. Hanya sekitar 300 ribu rupiah (RM 120), sudah termasuk buku, seragam sekolah, dan seragam olah raga. Biaya bulanannya juga cuma sekitar 30 ribu rupiah (RM12) sudah termasuk snack untuk waktu istirahat. Selain itu, setiap bulan dapat pemeriksaan dokter. Ada dokter gigi, dokter umum, dll. Dalam satu tahun, ada acara darmawisata ke tempat-tempat menarik seperti Cameron Highland (macam puncak, tapi sama Cihideung Bandung juga masih bagusan Cihideung), Kebun Binatang, atau bahkan ke Kuala Lumpur. Gratis. Murah banget ya?

Nah, memasuki tahun kedua anak saya yang pertama harus masuk kelas 6 tahun dan anak kedua masuk kelas 5 tahun. Kalau masuk sekolah pemerintah, murah. Tapi saat itu ada berita kalau yang bukan warga negara ngga boleh daftar. Jadinya kami daftarkan ke sekolah swasta. Mahal bo. Untuk pendaftarannya saja sudah hampir RM 300 satu orang. Belum lagi biaya bulanannya yang RM 65. Kalo dihitung-hitung, biaya pendaftaran di swasta bisa untuk bayar biaya pendaftaran + bulanan selama setahun di pemerintah.

Untuk sekolah setingkat SD juga hampir sama biayanya. Cuma RM 120 untuk setahun di sekolah pemerintah. Sekolah swasta untuk pendaftarannya saja perlu uang sebanyak RM 500. Tapi mendaftar ke sekolah pemerintah perlu perjuangan sedikit. Harus mengurus surat pengantar dari tempat kerja atau sekolah, lalu ke sekolah minta surat pengantar lagi, setelah itu baru ke Kantor/Pejabat Pendidikan Negeri tempat kita tinggal. Kalau disetujui, baru bisa sekolah di sekolah pemerintah.

Sekarang, saya sedang memproses anak saya untuk sekolah setingkat SD. Prosesnya lama dan ribet. Untungnya ada beberapa teman yang sama-sama mengurus sekolah anak. Jadi ribetnya bisa disharing.
Gitu dulu, kalo ada yang mau ditanyakan bisa kontak di

awaludin@gmail.com
atau lihat blog saya di http://www.schoolofuniverse.com untuk berita terbaru dari negeri Malaysia.

Wassalam

2 Responses to “Sekolah untuk anak-anak di Malaysia”

  1. Harry said

    anak saya ingin melanjutkan sekolah menengah di malaysia (penang), gimana caranya ? trims atas jawabannya.

  2. […] Sekolah untuk anak-anak di Malaysia Ra salman itb: taman kanak-kanak, Taman kanak-kanak (disingkat tk) jenjang pendidikan anak usia dini tentang ra salman itb. ra salman itb ciputat, banten, indonesia lihat profil lengkapku.. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: